Berita

Aplikasi Sayang Bunda Meraih Penghargaan Terbaik ke-dua Inovasi ICT Kesehatan dari IndoHCF

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang kembali meraih Penghargaan Terbaik ke 2 Kategori ICT Kesehatan pada Perhelatan IndoHCF Innovation Awards III-2019 yang dipelopori Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF), program CSR dari PT IDS Medical Systems Indonesia. Grand final IndoHCF Innovation Awards III-2019 dilaksanakan di ICE BSD Tangerang, Sabtu (9/11/2019) bersamaan dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional ke 55. Hadir dalam acara tersebut, Menteri Kesehatan dr Terawan, Menteri Kesehatan Periode 2014-2019 Dr. dr. Nila F Moeloek, SpM (K), Menteri Kesehatan Periode 2012 – 2014 dr Nafsiah Mboi SpA MPH, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden PT IDS Medical Systems Indonesia, Rufi Susanto, Ketua Umum IndoHCF, Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, dan sejumlah pejabat eselon satu dan dua di lingkungan Kementerian Kesehatan, serta para undangan dari berbagai instansi kesahatan baik pemerintah maupun swasta. Penghargaan tersebut diadakan sebagai bentuk kontribusi dari IndoHCF untuk ikut mendukung perkembangan dunia kesehatan, khususnya dalam pelaksanaan program pemerintah dan inovasi dari anak bangsa.

Pada perhelatan Perhelatan IndoHCF Innovation Awards tahun ini Dinas Kesehatan Kota Semarang mendaftarkan dua (2) inovasi untuk kategori ICT Kesehatan yaitu Aplikasi Pustaka (Puskesmas Tanpa Antrian) Kota Semarang dan Pemanfaatan  Aplikasi "Sayang Bunda" dalam Upaya Penurunan Kematian Ibu di Kota Semarang. Dari hasil penilaian oleh para dewan juri yang ketat, aplikasi Sayang Bunda menjadi Terbaik ke 2, sedangkan Aplikasi PUSTAKA masuk dalam Top 10 terbaik.

Penyerahan penghargaan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr. Mochamand Abdul Hakam.

“Aplikasi Sayang Bunda merupakan salah satu inovasi Dinas Kesehatan untuk membantu mempercepat upaya penurunan kematian Ibu di Kota Semarang. Dan Alhamdulillah atas kerja sama dan kerja keras dari berbagai pihak, aplikasi ini terbukti dapat membantu mewujudkan hal tersebut. Ini adalah salah satu bukti upaya Pemerintah Kota Semarang untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat, dengan pemanfaatan teknologi informasi diharapkan mampu memberikan layanan yang efektif dan komprehensif, terlebih lagi Bapak Walikota sudah mendeklarasikan Semarang sebagai Smart City, “ ungkap dr. Hakam setelah menerima penghargaan.

“Dinkes terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat kota Semarang dengan inovasi-inovasi yang memberikan kemudahan. Jika dihadiahi penghargaan, kami anggap sebagai bonus. Tetapi bonus ini membuat kami juga semakin terpacu untuk terus melahirkan inovasi-inovasi lainnya, sebab dengan selalu berinovasi, kualitas layanan juga akan tercipta, untuk Kota Semarang yang semakin Hebat.” tandas beliau.

Sebelumnya, tahun 2017 dan 2018 lalu Dinas Kesehatan Kota Semarang juga mendapatkan penghargaan dari IndoHCF dengan kategori yang berbeda. IndoHCF Innovation Awards diharapkan dapat menjadi media penghubung berbagai inovasi karya anak bangsa sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam memeberikan kontribusi pembangunan kesehatan menuju Indonesia sehat.

Info Semarang