Berita

Tingkatkan Layanan Kepada Masyarakat, DKK Semarang Luncurkan Puskesmas “ 5G “

SEMARANG - Dalam memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat terhadap kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Semarang meluncurkan inovasi baru yang diberi nama Puskesmas “5 G”. Puskesmas 5G ini meliputi pelayanan Gratis, Gesit, Gak Antri, Gak Ribet, Go Cashless.

5G disini dapat dijelaskan Gak Ribet, yaitu Puskesmas kini Buka Sampai Sore (Pukul 07.00 s/d 17.00 WIB), Gak Antri, yaitu dengan pendaftaran online melalui “PUSTAKA”. Gesit, yaitu Puskesmas menerapkan Paperless sehingga pelayanan jauh lebih cepat. Gratis, yaitu masyarakat yang memiliki KTP Kota Semarang tidak perlu membayar.

Serta Go Cashless, yaitu pembayaran di Puskesmas melalui aplikasi Go-Pay untuk masyarakat KTP luar Semarang. Menariknya, dalam layanan Puskesmas 5G ini Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Gopay untuk pembayaran non tunai-nya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr Moch Abdul Hakam, saat ditemui pada acara peluncuran Puskesmas 5G di Gedung Marabunta Kota Lama pada Jumat (13/9/2019) mengatakan, inovasi Puskesmas 5G tersebut untuk mempermudah masyarakat menikmati layanan puskesmas. Pihaknya ingin Puskesmas tidak dipandang sebelah mata terutama dikalangan masyarakat menengah ke atas.

Ditambahkannya, masyarakat akan lebih tertarik memanfaatkan layanan kesehatan puskesmas jika GoPay memberikan cashback. Pihaknya berharap layanan tersebut bisa menarik lebih banyak masyarakat mengakses layanan
kesehatan yang ada di puskesmas.

Info Semarang