Berita

Menerima Studi Banding dari Kabupaten Trenggalek

SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang menerima kunjungan studi banding dari anggota DPRD Kabupaten Trenggalek pada Jum’at (9/8) di ruang aula Kepala Dinas.  Maksut dari kunjungan tersebut untuk melakukan kaji banding berkaitan upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat yang ada di Kota Semarang.

Rombongan berjumlah 12 0rang, dan dipimpin oleh wakil ketua DPRD Kabupaten Trenggalek bapak Sikarodin. Tiba di Kantor Dinas Kesehatan Kota Semarang pukul 10.00 Wib dan langsung diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr. Moch Abdul Hakam, Sp.PD bersama dengan seluruh kepala bidang.

Sikarodin, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek yang memimpin rombongan menyampaikan bahwa pihaknya ingin mempelajari upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam meningkatkan pelayan kesehatan masyarakat di Puskesmas.

“ Saya dengan teman-teman di DPRD Kabupaten Trenggalek sudah mendengar kalau Semarang memiliki banyak layanan kesehatan salah satunya sudah berhasil menerapkan UHC. Juga yang menarik adalah layanan ambulan gratis yang disediakan untuk masyarakat 24 jam. Berkaitan dengan UHC mungkin anggaran kami masih belum bisak, namun untuk penyediaan ambulan gratis bisa kita upayakan. Untuk itu kami ke sini ingin menambah ilmu dari teman-teman di Dinas Kesehatan Kota Semarang.” Ungkap Sikarodin membuka sambutannya.

Saat ini program UHC di Kota Semarang sendiri sejak diluncurkan tahun 2017 hingga saat ini sudah 96% pencapaiannya dari jumlah penduudk Kota Semarang yang mendaftar sebagai peserta jaminan program UHC.

Sedangkan Ambulan Hebat Si Cepat jumlah kasus selama bulan Januari hingga Juni 2019 mencapai 3625 kasus dengan rincian 1085 kasus gawat darurat, 1397 non gawat darurat, 638 kasus kecelakaan lalu lintas, 105 kasus metrnal dan 400 kasus lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan kota Semarang berharap setelah kaji banding ini, Kabupaten Trenggalek dapat mempelajari upaya yang dilakukan kota Semarang dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat. Salah satu yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Semarang adalah dengan UHC ( Universal Health Coverage) dan Ambulan Hebat Si Cepat.

“ Semoga kunjungan dan diskusi hari ini membawa manfaat untuk kita semua. Teman-teman di Dinas Kesehatan Kota Semarang terbuka untuk sharing kembali jika mungkin masih ada hal-hal yang perlu ditanyakan melalui sambungan telfon jika diperlukan.” Tutup dr. Hakam.

Info Semarang