Artikel

Makanan Ini Bisa Memicu Kerusakan pada Gigi

SEMARANG - Gigi merupakan bagian terpenting dalam tubuh sebab punya peranan besar. Sakit gigi juga bisa berisiko karena saraf gigi terhubung langsung dengan saraf yang ada di kepala. Maka dari itu kesehatan gigi bukanlah masalah sepele yang bisa diabaikan. Untuk menjaganya, bisa dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari misalnya dengan menghindari beberapa makanan. Nah sumber dari IDNTimes.com menyebutkan ada delapan makanan yang bisa memicu kerusakan pada gigi.

1. Es batu

Mengunyah zat keras dapat merusak enamel dan membuat gigi rentan terhadap keadaan darurat seperti gigi yang patah atau mahkota gigi yang longgar. Sebaiknya gunakan es batu hanya untuk mendinginkan minuman dan tidak mengunyahnya jika kalian ingin gigi tetap aman terjaga.

2. Buah kering

Dengan jaminan camilan sehat tanpa lemak, buah kering memang jadi salah satu primadona bagi kita yang ingin hidup sehat. Tapi sayangnya karena teksturnya yang lunak dan lengket, buah kering mudah menempel pada gigi dan meninggalkan gula.Jika kita membiarkannya bersarang di gigi maka memakan buah kering bukan lagi sesuatu yang bermanfaat bagi kesehatan gigimu. 

3. Keripik kentang

Keripik kentang sarat dengan pati (strach) yang akan berubah jadi gula dan memperparah plak gigi. Produksi asam dari keripik juga bisa membuat kerusakan lain pada gigi sebab mudah terserap dan potongan kecil keripik pun sering kali tersisa dalam sela-sela gigi. 

4. Roti

Pemanis buatan yang tercampur dalam roti adalah penyebab utama mengapa makanan ini tidak baik untuk gigi. Selain itu, saat kita mengunyah roti air liur akan memecah pati menjadi gula. Sehingga roti akan menempel pada celah di antara gigi dan menyebabkan lubang.Solusinya kamu bisa mengkonsumsi roti gandum yang minim gula dengan kandungan pati yang tidak mudah pecah.

5. Acar sayuran

Acar sayuran umumnya dibuat menggunakan cuka yang memiliki sifat asam yang sangat berperan dalam kerusakan gigi. Sedangkan acar yang dibuat dengan diasinkan mampu merusak lapisan gigi dan membuatnya berlubang. 

6. Selai

Selai memiliki tekstur yang lengket dan dibuat dengan gula tambahan sehingga berkemungkinan besar menempel pada gigi dan makan bakteri. Gula yang terkandung di dalam selai juga memicu timbulnya plak dan bakteri jika tidak segera dibersihkan setelah mengkonsumsinya.

7. Permen

Permen jelas sangat buruk bagi kesehatan gigi kita. Namun ada beberapa jenis permen yang sangat berpotensi merusak gigi secara kejam yaitu permen keras dan permen asam. Saat memakan permen keras kita cenderung menahannya di satu tempat yang lebih lama atau mengunyahnya sehingga membuat enamel gigi terkikis

Sedangkan permen asam mengandung lebih banyak jenis asam yang lebih keras pada gigi. Ditambah lagi, tekstur kenyal pada permen asam yang membuatnya mudah menyelip dan menempel pada gigi dalam waktu lama hingga menimbulkan kerusakan.

8. Alkohol

Orang yang gemar mengkonsumsi alkohol secara perlahan-lahan akan mulai menyadari bahwa mulut mereka terasa lebih kering. Itu adalah efek samping yang muncul akibat sifat keras alkohol terhadap tubuh. Kondisi ini memungkinkan kita mengalami kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya seperti penyakit gusi. Penggunaan alkohol yang berlebihan juga meningkatkan risiko kanker mulut lur.

Wah, ternyata makanan di atas punya efek yang sangat berbahaya pada gigi ya lur. Untuk mengantisipasi kerusakan gigi, kamu bisa rajin berkumur dan menggosok gigi setelah mengkonsumsinya ya lur!

Info Semarang