Artikel

Kenali 8 Tipe Sakit Kepala, Beda Tiap Lokasi Nyeri & Penyebab Utamanya

Berdasarkan laporan dari World Health Organisation (WHO), sakit kepala merupakan gejala penyakit yang paling banyak dikeluhkan oleh orang-orang. Sakit kepala memang bisa sembuh sendiri atau hanya memerlukan penanganan sederhana, tapi jika itu terjadi terus menerus juga dapat membahayakan nyawa seseorang. Mengetahui macamnya dapat membantu mengenali dan melakukan penanganan yang tepat. Sumber dari IDNTimes.com berdasarkan lokasi rasa sakitnya,  inilah 8 tipe sakit kepala yang umum diderita beserta penyebab utamanya!

1. Sakit di sisi kepala

Ini pertanda migrain. Biasanya diikuti dengan sensitivitas terhadap cahaya dan suara, serta rasa sakit yang menusuk. Tidak jarang juga menyebabkan mual dan muntah-muntah. Umumnya ini disebabkan kurang atau terganggunya kualitas tidur, melewatkan waktu makan, dehidrasi, hormon yang tak seimbang hingga reaksi alergi.

2. Sakit yang menekan di seluruh kepala

Atau mudahnya dikatakan sakit kepala cenat-cenut. Rasa stres adalah penyebab paling umum untuk sakit kepala macam ini dan itu bisa terjadi kepada siapa pun. Obat-obat pereda rasa sakit dapat mengurangi rasa sakit kepala ini.

3. Rasa sakit dan tekanan di area mata dan pipi

Dinamakan sebagai sakit kepala sinus. Ketimbang sakit kepala, rasa ini lebih dapat dikatakan sakit wajah. Kasus ini bisa mengurangi kemampuan penciuman serta sakit gigi, tapi itu sangat jarang. Sakit kepala ini terjadi karena penumpukan ingus yang ada di area hidung. Sering kali sakit kepala ini salah didiagnosa sebagai migrain, yang mana angka kesalahannya bahkan mencapai 90 persen.

4. Sakit kepala yang berlangsung kurang lebih selama lima menit

Rasa sakit kepala ini seperti tepukan tangan dari banyak orang yang keras, yang sifatnya tiba-tiba serta kuat. Selain itu dapat menjadi sakit sekali hanya dalam waktu 60 detik. Memang sakit kepala ini rata-rata hanya berlangsung selama lima menit, tapi hal ini sering disinyalir dapat membahayakan nyawa. Stroke, pendarahan otak, dan segala permasalahan di otak adalah dugaan terbesar penyebab rasa sakit ini.

5. Rasa sakit di belakang kepala

Nama lainnya adalah sakit kepala cluster. Rasanya seperti terbakar dan umumnya diikuti dengan pembengkakan, bagian wajah yang memerah dan berkeringat. Untuk gejala mata berair dan hidung tersumbat sangatlah jarang. Penderita dapat merasakan sakit kepala ini selama 15 menit hingga tiga jam dan dapat terjadi hingga lebih dari empat kali dalam sehari.

6. Sakit di atas kepala, diikuti hidung berair, bersin dan mata berair

Ini gejala dari reaksi alergi. Untuk negara-negara yang memiliki empat musim, ini umum terjadi kepada orang-orang yang memiliki alergi musim semi. Karena saat itu banyak bunga yang bermekaran dan serbuk sarinya bertebaran di mana-mana.

7. Sakit di kepala ketika naik pesawat

Lokasinya sama dengan migrain, akan tetapi ini bukan migrain. Sakit kepala ini disebabkan tekanan udara yang berubah, misalnya saat naik pesawat. Diperkirakan satu dari 12 orang di seluruh dunia berpotensi menderita ini, terutama para penumpang pesawat. Karena itulah sakit kepala ini disebut sakit kepala pesawat.

8. Sakit di seluruh bagian kepala

Rasa sakit kepala ini dapat terjadi ketika melakukan sebuah kegiatan atau sedang berolahraga, yang diakibatkan karena pengerahan tenaga yang tidak biasa. Rasa sakit ini jarang diderita orang dan biasanya akan hilang setelah enam bulan. Bisa sangat memualkan dan berdenyut. Cara menghilangkan rasa sakit kepala ini salah satunya adalah dengan tidur yang cukup.

Setelah membaca ini, jangan bingung lagi mengidentifikasi sakit kepalamu. Segeralah pergi ke dokter jika itu adalah gejala dari penyakit terasa parah atau tidak normal. Lebih baik segera ditangani, daripada terlambat.

Info Semarang